2016/08/26

Waspadai Ancaman Penyakit Tuberkulosis

Tuberkulosis ternyata merupakan salah satu penyebab penyakit yang cukup menakutkan di dunia. Bayangkan saja, saat ini tercatat sekitar sepertiga penduduk dunia terinfeksi basil Tuberkulosis (TB). Yang lebih mengerikan, setiap orang terkena TB setiap empat detik, dan dalam waktu setiap 10 detik satu orang tewas akibat penyakit ini.

Penyakit Tuberkulosis


Menurut data, sekitar dua juta penduduk meninggal akibat TB pada tahun 2000. Sedangkan setiap tahunnya, jumlah penderita TB tercatat sebanyak lebih dari 8 juta orang. Dari sepertiga penduduk dunia yang terinfeksi  TB, penyakit ini ternyata juga lebih banyak menimpa kalangan remaja dan orang dewasa. Jumlah ini jauh lebih banyak dibanding penyakit infeksi lainnya.

Penyakit Tuberkulosis disebabkan oleh Mycobacterium tuberculosis atau Mycobacterium bovis. Sedangkan gejala yang ditimbulkannya meliputi batuk, demam, penurunan berat badan, keluar keringat malam, nyeri dada pleuritik, serta nafas pendek.

Lihat juga http://www.imoonwalk.com/2016/08/06/cara-mencegah-gangguan-batu-kemih/

TB merupakan jenis penyakit menular, dan jenis TB paru saja yang infeksius. Bila tidak segera diobati, seseorang dengan TB aktif dapat menginfeksi 10-15 orang setiap tahunnya dimana TB biasanya mengancam keselamatan jiwa secara gradual karena merusak paru-paru.

Di Indonesia, pada tahun 2008 tercatat ada 529.000 kasus dan tercatat sebagai negara dengan jumlah penderita TB terbesar kelima di dunia.  Jumlah ini memang menurun dibanding jumlah kasus yang terjadi tahun 2007 sebanyak 528.000 kasus dan menempati urutan ketiga dunia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar